h1

Jika Sudah Tidak Perawan Lagi, Haruskah Calon Suami Diberitahu … ?

January 8, 2009

Seiring dengan semakin bebas dan terbukanya gaya pergaulan dalam masyarakat modern … kasus hilangnya keperawanan sebelum pernikahan … nampaknya sudah menjadi hal yang tidak aneh lagi di zaman sekarang … Penyebab hilangnya keperawanan pada wanita bisa terjadi karena hubungan saling suka … atau juga karena ada unsur keterpaksaan (yang ekstrem seperti perkosaan) …

Dengan berbagai latar belakang kisah hilangnya keperawanan itu … apakah sebaiknya calon suami perlu diberitahukan … atau masalah ini tetap dirahasiakan … seolah-olah tidak pernah terjadi apa-apa … ?

Setiap pilihan itu pasti ada konsekuensinya … dan konsekuensinya bisa sangat pahit … Tapi menurut saya … akan lebih menguntungkan ke depannya jika keadaan yang sebenarnya diberitahukan se-awal mungkin … Semakin lama ditunda … akan semakin buruk dampaknya …

Jika calon suami diberitahu keadaan yang sebenarnya … bahwa calon istrinya itu sudah tidak perawan lagi … kemungkinan buruknya adalah … dia kecewa dan memutuskan untuk tidak melanjutkan hubungan dan membatalkan pernikahan … Tapii … apakah cuma kemungkinan buruk saja yang ada … ? … Tidak juga … Bisa jadi … dia malah kagum dengan kejujuran sang calon istri … dan malah makin percaya dan sayang …

Bagaimana jika calon suami tidak diberitahukan … ? … Kemungkinan baiknya adalah … pernikahan terus berlangsung … dan rahasia bisa tersimpan sampai maut memisahkan keduanya … Namun … itu juga belum tentu mengenakkan bagi sang istri … karena ada kemungkinan selama menyimpan rahasia itu … dia diliputi ketakutan kalau-kalau rahasianya terbongkar …

Dan jika rahasianya sampai terbongkar … maka menurut saya dampaknya akan sangat buruk sekali … Kepercayaan yang mestinya menjadi pilar ikatan pernikahan akan runtuh … suami akan merasa dibohongi … dan diliputi penyesalan … Akibatnya … bisa terjadi perceraian … atau kalaupun pernikahannya bertahan … mungkin sulit untuk kembali ke keadaan semula …

Dibandingkan kemungkinan buruk yang akan menimpa kalau calon suami sudah diberitahu tentang ketidak-perawanan calon istri dari awal … maka menurut saya … kemungkinan buruk yang akan menimpa pasangan yang sudah jadi suami-istri jika rahasia sang istri terbongkar … akan jauh lebih tidak mengenakkan … Bagi saya … lebih baik batal menikah daripada pernikahan hancur di tengah jalan … Lebih baik lagi … jika diputusin calon suami ketika belum terlanjur sayaaang buaangeett (mungkin dari awal-awal ketika hubungan mulai serius) … Karena itu pula saya bilang … semakin awal diberitahukan … semakin baik dan ringan beban yang harus ditanggung … walaupun tetap akan terasa pahit …πŸ˜€

21 comments

  1. hal ini sangat fatal,.. dan semoga kaum wanita bisa lebih bersabar dan tidak lengah dalam menghadapi suasana yang merugikan masa depan,… lebih berani dan lebih tegas mengambil keputusan ,…. semoga sukses selalu


  2. setuju …πŸ˜€


  3. Sy se7 krn sy sndiri udh alami tpi s blum nikah!
    Bgi sy itu kprwanan itu mmang sngt brhrga tpi mw diapa klw itu semua sdh trjdi!
    Apalgi tnp sngaja! Dri pd pasang Qt stres & brbuat yg macam2 lbih baik Qt bimbing dia agr kjln yg baik! Brow..Pahalax bsar lo!


  4. yup … saya setuju dengan pandangan anda … terutama kalo yang bersangkutan menyadari kesalahannya dan mau bertaubat …πŸ˜€


  5. aku sudah mengalami semua nya dan itu mmg sangat menyakitkan hati…aq bertahan karena sudah ada buah hati yg tak mgkn aq sia siakan..betapa tdk menyakitkan krna dia berterus trg setelah aq punya anak..sakit mmg sakit skli..


  6. ikut prihatin yah pak … mudah-mudahan bapak dapat dan mau mengikhlaskannya dan semoga kesabaran bapak menjadi ladang pahala buat bapak … Amin …


  7. Sy tlh mngalami tu smua dy mw brtanggung jwb tp ortu tdk se7 dgn dy month gmn lg


  8. ak salut bgt pada suami yang dengan bijaksana menerima sgala kekurangan istri(kperawanan) sy rasa smua wanita normal pasti ingin membrikan kesuciannya hanya untuk suaminya tpi namanya takdir siapa yang tau manusia hanya berencana tpi TUHAN jualah yg menentuknnya no body perfect


  9. Kalo masalah berzina itu sih menurut saya bukan takdir …. tapi masalah pilihan …πŸ˜€


  10. hanya Allohlah yang maha mengetahui dan maha penerima taubat


  11. Betul …


  12. iya..
    maslh berzina itu memng pilihan dn setiap pilihan pasti ad konsekwensinya masing2.. apalg yg pernh mengalaminya, akn terasa berat u/menjaliny semua ini…
    sy pernh mengalaminy, dn sekrng sy dtinggalkn… pdhl dl begitu nyk janji2 yg diberikan, tp kenyataanny beda.. berat dn sakit sekali… pernh sy mencoba u/bunuh diri tp Alloh berkehendak lain. Alhamdulillah sy msh bertahan sampai sekrng…

    dn sy sekrng jg blm menikah, usaha sy hanya bs berdoa dn bertaubat… smg Alloh menerima taubat sy… Aamiin..

    smg di luar sn pr akhwat2 bs menjaga diri mereka…


  13. Amiin … Semoga kisah anda ini dapat dijadikan sebagai pelajaran agar tidak mudah percaya dengan rayuan cowo … Meskipun saya juga cowo … namun saya juga benci pada orang-orang seperti yang anda sebutkan itu …

    Terus terang saya salut dengan kesabaran anda … Semoga doa dan taubat anda diterima Allah … Oh iya … jangan sekali-sekali lagi mikirin untuk bunuh diri lagi yah … Ntar dosanya malah dobel lho …πŸ˜€


  14. I ddo trust all of the concepts you have offered for your post.
    They aree really convincing and will certainly work.
    Nonetheless, the posts are very brief for beginners.
    May just yoou please lengthen them a little from subsequent time?
    Thank you ffor the post.


  15. Thank you very much for your appreciation … I will try to do your suggestion in the next posts …πŸ˜€


  16. saya pernah mendengar ketika seorang lelaki tua hendak menikahkan anaknya yg pernah di hukum zina. ia bertanya pada Umar biin Khotb. haruskah ia menceritakan keadaan anaknya kepada calon suaminya. maka Umar menjawab “Demi Alloh jgn kamu katakan aib anakmu yg telah dikubur oleh Alloh dengan waktu, padahal qm tau anakmu telah bertaubat dg toubat nasukha…” insya Alloh intinya seperti itu. atau bisa ditanyakan kepada orang yang lbih mengerti. saya hanya mendengar sepitas cerita Sayyidina Umar ketika menjadi khalifah. qta jga harus ikhas dan ridho menerima jodoh kita, bagaimanapun juga baik buruknya jodoh kita adalah cermin dr diri kita sendiri. berdoa saja yang terbaik. karena Alloh memberikan apa yg kita butuhkan, bukan yg kita inginkan.. semangat untuk wanita muslimah


  17. assalam mualaikum,, aku mau curhat dong mas.. rencana akhir tahun ini saya ada yang mau melamar dia duda kaya sudah memiliki usaha sendiri dan rencana nya dia mau menikahi saya secepatnya padhal kami pun belum mengenal jauh satu sama lain tapi gak tau kenapa si duda itu ngebet ingin menikah kan saya ntah apa alesannya, dan ortu aku pun menyetujui bila si duda ingin niat menikahi aku secepatnya,,tapi jujur aku sbnrnya tidak ada rasa suka ataupun saya terhadapnya, tapi ortu aku selalu memaksa agar aku cpt2 menerima lamaran itu, aku binggung harus bagaimana, sedangkan aku masih berharap bisa kembali dengan mantan aku yang berada dijauh sanah dan kami ber2 pun sedang pdkt, tapi ortu saya tetap kekeh untuk menyuruh saya menerima lamaran itu, mohon solusi dan pendapatnya saya sangat membutuhkan bantuan anda agar saya tidak salah untuk mengambil keputusannya…terima kasih


  18. Wa’alaikumsalam …
    Coba salat istiqarah aja … semoga anda mendapat petunjuk dari Allah … Aamiin …


  19. iyah mas makasih ya atas pemasukannya, semoga keputusan saya yg terbaik buat saya amin yaallah


  20. assalam mualaikum,, selamat siang…. aku mau curhat ne!!!
    dosa gak kalau misalkan saya menikah dengan mantan pacar kaka saya sendiri, apa yang bakalan terjadi seandainya pernikahan itu terjadi?? tolong ya saran dan pemasukan nya …
    TERIMA KASIHπŸ™‚


  21. Wa’alaikumsalam …πŸ˜€

    Setau saya sih … mantan pacar kaka anda kan bukan muhrim anda … Dan selama bukan muhrim sih … nggak ada larangan menikah … Tapi alangkah baiknya jika anda juga memperhatikan perasaan kaka anda … iya kan … ??? …πŸ˜€



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: