h1

Kok ‘Kiai’ jadi Caleg PDS sih … ???

March 30, 2009

Pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Damai Sejahtera (PDS) yang berlangsung di Jakarta tanggal 24 – 25 Juli 2008 … partai yang sebelumnya diketahui berbasis Kristen … dideklarasikan sebagai partai terbuka. Berita tentang pendeklarasin PDS sebagai partai terbuka itu … bisa dilihat di http://www.ob.or.id/modules.php?name=News&file=article&sid=580. Mungkin untuk menunjukkan keseriusannya … wakil ketua umum DPP PDS Denny Tewu mengatakan bahwa sejumlah ‘kiai’ dan ‘aktivis muslim’ telah dijadikan caleg PDS … yang tersebar di seluruh wilayah Jawa mulai dari Jawa Timur sampai Banten (lihat beritanya di http://www.suara-islam.com/ atau http://detikislam.com/)πŸ˜• … Dalam kesempatan ini … saya akan coba membahas … apakah wajar bagi seorang muslim memilih partai seperti PDS … meskipun telah dideklarasikan sebagai partai yang terbuka … ? …πŸ˜€

Untuk membahas itu … mungkin ada baiknya jika kita berusaha mengenal PDS lebih jauh … Saya buka website-nya PDS … dan saya menemukan tulisan yang saya kutip ini … :

Mengapa HARUS memilih PDS ?
Ditulis oleh admin
Senin, 16 Pebruari 2009
Apa KELEBIHAN PDS dibandingkan partai politik lain ???

1. Hanya ada satu Partai Politik yang berbasis Kristen di Indonesia yang memiliki SATU FRAKSl utuh di DPR-RI.
2. Satu-satunya parpol yang TELAH BERBUAT & TERUS BERJUANG untuk membela kepentingan Umat Kristiani dan Kolompok Minontas lainnye di selurun Republik Indonesia (Sejak ada Fraksi PDS, Anggaran Bimas Kristen telah mengalami kenaikan hingga 936 %, baru pertamakali dalam sejarah Republik ini Sekolah Mmggupun dibiayai Negara).
3. Satu-satunya Parpol yg BERANI menolak dengan TEGAS RUU Perbankan Syariah Surat Berharga Syariah Negara & RUU Pornografi yang jelas-jelas tidak aspiratif bagi kelompok minoritas.
4. Satu-satunya Ketua Umum Parpol dan Ketua Fraksi yang KRISTIANI

5. Satu-satunya Fraksi di DPR-RI yang anggotanya tidak terlibat korupsi hingga saat ini

Jika ada RUMAH sendiri buat apa INDEKOST di tempat lain…?
Jika ada Partai sendiri buat apa PILIH partau lain…?

Usahakan KESEJAHTERAAN KOTA/BANGSA dimana ENGKAU ditempatkan, dan hanya dimana ada KEADILAN dan KEBENARAN maka disitu akan tumbuh DAMAI SEJAHTERA
(Mari kita wujudkan bersama perjuangan PDS).

PILIHAN ADA DITANGAN ANDA …… NASIB UMAT KRISTEN INDONESIA & KELOMPOK MINORITAS LAINNYA.
BERBUATLAH YANG TERBAIK BAGI BANGSA & NEGARA KITA …. INDONESIA

INGAT SEMBOYA NEGARA KITA : BHINEKA TUNGGAL IKA
Biar berbeda-beda suku – agama – ras – golongan tetapi kita tetap SATU.
Inga.. Inga BUKAN SATU AGAMA !!!

TELITI SEBELUM MEMILIH…………………..

sumber : http://www.partaidamaisejahtera.net/content/blogcategory/36/79/

Selain menolak RUU Pornografi … dan RUU Perbankan Syariah Surat Berharga Syariah Negara seperti yang tertulis dalam kampanyenya itu … PDS juga menolak dengan tegas RUU tentang makanan halal …. Berkaca dari itu semua … maka yang perlu dipertanyakan oleh seorang muslim yang berniat bergabung dengan PDS adalah … di bagian mana dari perjuangan PDS yang dapat memberi indikasi bahwa PDS adalah partai yang juga mau membela kepentingan umat Islam … ? … Dalam website-nya PDS itu … jelas terlihat bahwa PDS sangat mendikotomikan antara mayoritas (siapa lagi kalau bukan Islam) … versus minoritas … dengan fokus utama perjuangannya adalah untuk kepentingan umat Kristen …

Memperhatikan hal-hal tersebut di atas … pertanyaannya kemudian adalah … apa keuntungannya bagi umat Islam (bukan keuntungan pribadi yah … :D) jika ada (orang yang mengaku) muslim … apalagi dengan level ‘kiai’ atau ‘aktivis muslim’ … memilih dan/atau menjadi caleg partai seperti PDS … ??? …😦 … Jika tidak ada keuntungannya bagi umat Islam secara keseluruhan … atau bisa jadi malah merugikan … mengapa justru memilih partai seperti itu sebagai tempat untuk menyalurkan aspirasi … ? … Apakah hanya karena diiming-imingi menjadi caleg … ? … Bukankah itu artinya malah mengorbankan kepentingan umat Islam secara keseluruhan demi mengejar keuntungan pribadi … ? …😦

Lantas … bagaimana sebenarnya hukum dalam ajaran Islam jika ada seorang muslim yang memilih partai yang berbasis agama lain … dan juga dipimpin oleh pemimpin yang jelas-jelas non-muslim … ??? … Hmm … menurut saya … ketentuan untuk itu sudah jelas difirmankan Allah di dalam Al Qur’an melalui ayat-ayat ini … :

QS. 5:51
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

QS. 5:57
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kemu mengambil menjadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu menjadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertawakkallah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman.

Sekarang pilihannya ada pada umat Islam itu sendiri yang konon katanya mayoritas di negara ini … Apakah kita mau terus dikadalin oleh partai atau pemimpin yang tidak akan pernah mau memperjuangkan aspirasi umat Islam … dan hanya ingin memanfaatkan suara orang-orang Islam untuk mendapatkan kekuasaan … atau segera tersadar untuk memilih pemimpin yang benar-benar mau memperjuangkan aspirasi umat Islam … ? … Sekali lagi … pilihan ada pada diri anda sendiri … dan saya yakin bahwa kelak di akhirat nanti … kita akan dimintai pertanggung-jawaban atas pilihan kita … Oh iya … sebelum menutup tulisan ini … ingin saya sampaikan bahwa ada satu hal yang saya setuju dengan apa yang dikampanyekan dalam situs web PDS itu … yaitu TELITI SEBELUM MEMILIH … OK … ??? …πŸ˜€

Oh iya … sebagai perbandingan … mungkin bagus juga untuk dibaca sebuah tulisan lain tentang PDS pada situs : http://www.indonesiaindonesia.com/. Tlisan ini … saya rasa bukan ditulis oleh orang yang seiman dengan saya … tapi saya rasa juga … justru ditulis oleh orang yang beragama Kristen sendiri …

14 comments

  1. dengan ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa bahwa partai damai seajahtera (PDS) tidak masuk dalam passing grade untuk DPR pusat karena partai tersebut cuma ngerecokin aja…. ngaku-ngaku partai pluralisme tapi ada sesuatu yang diperjuangkan untuk kristenisasi gue mah puas banget………. pds kalah


  2. yup … saya juga seneng dan puas banget PDS nggak lolos parliamentary trasehold … sehingga mestinya nggak bakal eksis lagi di senayan …


  3. jangan berpuas dulu…., Alkitab Mencatat bahwa Rumah Tuhan itu bukan Gedungnya (Gereja, dll) namun adalah orangnya, dimana Tuhan berdiam, PDS bisa saja gak masuk namun orang-orang Kristen yang berada di Demokrat mungkin saja lebih berani dan berwarna dari yang di PDS, Lihat saja …….


  4. Nggak ada masalah kok … Partai Demokrat kan bukan partai berbasis agama … Toh di sana mestinya bukan cuma ditempati oleh orang Kristen doang … banyak yang muslim juga … yang mudah-mudahan juga mau memperjuangkan aspirasi umat Islam … Dan selama itu dilakukan dengan cara-cara yang etis dan dan terhormat … misalnya nggak pake aksi WO jika kalah … nggak akan jadi masalah … namanya juga demokrasi … Saya seneng PDS nggak lolos parliamentary trasehold … sehingga tidak lolos ke Senayan kan hanya karena partai ini saya anggap telah melakukan cara yang tidak etis untuk menjaring suara umat Islam … Itu saja kok …πŸ˜€


  5. Agama jangan di jadikan sebagai ajang berpolitik..yg bawa2 agama ke dlm partai politik kan kaum mayoritas..
    N kenapa harus ada kaum myoritas n minoritas..bukankkah kita satu..justru dgn perbedaan agama itulah kt mesti bersatu n bergandengan tangan untuk memajukan bangsa indonesia..jika masi ada seperti begini pkiran kt bangsa indonesia..percaya deh kt ga akan kemana2..klo kalian kaum mayoritas masi terus mempermasalahkan ini..mending buat negara baru aja kalian..n ato biarkan kaum minoritas merdeka..apa itu yg kalian inginkan..??? Mikir dulu..paham..n setahu gua yg korupsi paling banyak kan kaum kalian yg mayoritas..ato salah…??????
    Jgn picik dunks…


  6. Hmm … nggak ada yang salah kok jika mau bawa-bawa agama dalam berpolitik … Itu kan bagian dari aspirasi juga … Yang penting dalam berpolitik adalah … tidak membohongi rakyat tentang visi dan misi apa yang diusung … Jika partai tersebut punya misi untuk membela kepentingan umat Kristen … maka tidak perlu membohongi rakyat dengan menyatakan diri sebagai partai terbuka … iya nggak … ? … Dan juga yang tidak kalah penting … dalam berpolitik itu harus punya jiwa besar … dan siap untuk menerima kekalahan … sesuatu yang kurang dari bangsa kita … Misalnya … jika kalah voting … pake acara WO … Itu memalukan …😦

    Jika anda perhatikan apa yang saya tunjukkan dalam web-site-nya PDS … justru PDS yang mendikotomisasi antara mayoritas (tentu maksudnya umat Islam) … dengan minoritas … Jadi … pertanyaan anda tentang kenapa harus ada kaum mayoritas dan kaum minoritas itu … mestinya lebih pantas ditujukan kepada partai yang bersangkutan … Oke … ? …πŸ˜€

    Dan tentang korupsi … kalo anda melihat Amerika dan negara-negara Eropa Barat misalnya … sudah dapat diduga bahwa yang paling banyak melakukan korupsi adalah yang Kristen … karena mereka memang mayoritas … Itu juga berlaku di Indonesia … karena itu … omongan anda tentang korupsi … sama sekali tidak relevan dengan apa yang sedang dibahas … Jadi … siapa yang picik dong … ??? …πŸ˜€


  7. Ok buat saudaraku dewata yugo..mari kita sama2 bergandengan tangan n membangun negeri kita..kita jadikan apa yg telah terjadi sebagai pelajaran untuk kita..yg baik kt ambil n yg jelek kt tinggalkan..ini buat pelajaran kita generasi penerus bangsa ini..biar tdk ada kaum minor n mayor dlm bngsa kt yaitu bngsa indonesia..setuju???


  8. Setuju kok … Ehm … mungkin anda mengira bahwa tulisan saya dimaksudkan untuk membenci kelompok agama lain selain Islam … Maafkan saya jika terkesan demikian … Tapi saya tegaskan di sini … tulisan saya di atas … hanya terbatas menyoroti masalah PDS-nya … bukan agama Kristen-nya … Dan saya tidak masalah kok bergaul dengan yang non-muslim … malah ada seorang teman baik saya sejak di SMA yang beragama Kristen (Protestan)… Dan dalam pergaulan sehari-hari …. tidak pernah kok saya menanyakan agama apa yang dianut seseorang ketika berkenalan atau memutuskan untuk menjadi teman … Tergantung orangnya saja … enak diajak berteman atau tidak … Thanks atas pengertiannya yah …πŸ˜€


  9. Ok..sama2 atas pengertiannya..


  10. Ok..sama2 sodaraku..
    BHINEKA TUNGGAL IKA..
    chayoo indonesia..
    Mari kt sukseskan pemilu 09..biar siapapun pemimpinnya asal asal dia berdiri d atas kepentingan masyarakat indonesia.


  11. yang nulis jelas2 n koment2 nggak ngerti apa itu kekristenan? dia selalu membandingkan, dan memandang “agama” lain sama seperti dia memandang islam agamanya, ngaco jadinya. ibarat bandingkan becak dengan singkong, gaco. makanya, dengan cepat menunjuk eropa, amerika, sbg negara kristen? apa-2an tuh? anda pikir menjadi kristen hanya dengan mengucapkan “syahadat” lantas ber-ktp kristen, lantas bersembahyang “8x sehari”, lantas ke-gedung gereja?? bagi islam analogi ini mungkin cukup, tp sm sekali tidak bagi kekristenan.

    lihat aja dari koment di atas yg mengatakan gereja itu bukan gedungnya, tapi manusianya dimana ada roh Allah dan kebenaran tinggal… pada gak mudeng tuh org2?

    nah jika dua hal diatas jadi tolok ukur, apakah bisa dikatakan bahwa as & eropa = kristen… jelas naif sekali. bagaimana mungkin? kami diajar untuk mengasihi musuh kami, bahkan mendoakan mereka? bagaimana mungkin seorang kristen bisa membunuh orang lain spt amrik atau eropa? bagaimana mungkin ada perang salib? ini jelas2 perang setan, walaupun ada org ber ktp kristen disitu.

    kristen = to be like christ, mengenakan pikiran & perasaan kristus dalam seluruh hidupnya. diluar itu namanya bukan kristen.


  12. Gimana tuh bung Jannes Maharaja … pandangan anda yang mengatakan bahwa gereja itu bukan gedungnya tapi manusianya itu benar ato salah nih … ??? …πŸ˜€

    Ehm … saya jawab yang bagian saya aja yah …πŸ˜€

    Hmm … kalo anda mudeng juga … mestinya anda dapat mengerti bahwa saya bawa-bawa AS dan Eropa itu cuma untuk memberi contoh yang setara untuk menunjukkan omongan Bulpep bahwa yang paling banyak korupsi itu adalah dari golongan Islam sama sekali nggak relevan … Dia kan ngomong gini :
    “Mikir dulu..paham..n setahu gua yg korupsi paling banyak kan kaum kalian yg mayoritas..ato salah…??????
    Jgn picik dunks…

    Dan sebagai tanggapannya saya mengatakan bahwa bahwa di AS ato Eropa yang mayoritasnya beragama Kristen …sudah bisa diduga bahwa yang paling banyak korupsinya ya dari golongan itu juga … Ini kutipan tanggapan saya ke Bulpep … :
    Dan tentang korupsi … kalo anda melihat Amerika dan negara-negara Eropa Barat misalnya … sudah dapat diduga bahwa yang paling banyak melakukan korupsi adalah yang Kristen … karena mereka memang mayoritas … Itu juga berlaku di Indonesia … karena itu … omongan anda tentang korupsi … sama sekali tidak relevan dengan apa yang sedang dibahas … Jadi … siapa yang picik dong … ??? … πŸ˜€

    Mudah-mudahan anda mau berpikir dengan kepala dingin sehingga dapat mengerti penjelasan saya … Thanks …


  13. sama aja lah. ya di amerika , ya di arab sono, ya di Indonesia ini..yang mau korup kan dari golongan mayoritas ..sama juga disini. masalahnya adalah pribadi. disini banyakan orang tidak terdidik. kalaupun terdidik, kalau sudah dicekoki dengan pengajaran agama yang fanatik ga karu2an, mau dia S3, atau profesor atau apapun itu, agama lain salah…agama gw yg paling bener, karena agama gw yang paling bla bla bla..bullshit lah orang fanatik bloon kaya gitu.

    belum lagi kalau dalam ajaran agama masing2 ada perintah2 untuk bunuh ini bunuh itu, kalau yang tidak sepaham harus ini harus itu… gw jadi mikir..ini agama samawi kok malah seperti ini ya??

    apabila Tuhan yang maha esa itu adalah Maha Pengampun, knp ada dalam didalam kitab2 kalian perintah untuk bunuh ini bunuh itu ( baik Islam atau Kristen ). okelah kalau kalian yg di blog ini bisa menyingkapi secara kritis, walaupun kalian juga tidak mungkin bisa mengubah isi kitab kalian soal bunuh ini bunuh itu..tapi bagaimana kalau masyarakat yg tidak mengenyam pendidikan tinggi??

    contohnya : di daerah2..banyak kaum fanatik yg datangnya dari daerah.. kalau baca surat atau ayat atau firman yg seperti itu ditambah didikan dari pemuka agama yg gendeng yang fanatik… klop lah jadi ekstrimis pengacau.


  14. Betul … itu kan sesuai hukum perbandingan … Di negara muslim yang mayoritas pemimpinnya muslim … maka yang korup juga paling besar dari kalangan muslim … Kan yang mengaku muslim juga belum tentu menjalankan perintah agamanya … Begitu juga kalo yang mayoritas non muslim … sama aja kok …πŸ˜€

    Kalo mengenai ajaran agama masing-masing ada perintah seperti itu … yaa mestinya baca baca ayatnya jangan sepotong-sepotong dong … Misalnya ayat ini :

    QS 2.191. Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.,

    Kalo dibaca ayat itu sebagai hal yang berdiri sendiri … yaa gawat dong … Kan itu kesannya jadi umat Islam harus membunuh semua orang kafir yang ada di luar Mesjidil Haram … Tapi coba baca dengan melihat ayat sebelum dan sesudahnya … karena itu merupakan adalah kesatuan perintah-Nya …

    QS 2.190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

    2.191. Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.

    2.192. Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    2.193. Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.

    Kalo dibaca begitu … tergambar kan dalam konteks seperti apa dan di wilayah seperti apa perintah itu diperuntukkan… ??? …πŸ˜€

    Dan emang sih … ada aja pemuka agama yang kurang bijak dan memanfaatkan kita-kita yang kurang ngerti agama … Masih ingat ketika Gus Dur mau dilengserkan oleh MPR … ??? … Waktu itu ada kiai yang mengatakan bahwa darah Amin Rais dan Akbar Tanjung halal … meskipun yang bersangkutan akhirnya meminta maaf … Yang ingin saya tunjukkan adalah tidak semua perkataan kiai itu memaparkan ajaran agama yang benar … Artinya agama dapat dimanipulasi oleh orang ato kelompok tertentu untuk mencapai tujuan tertentu … Tapi itu bukan berarti ajaran agama-nya yang nggak benar … Mudah-mudahan anda memahami apa yang saya maksud …πŸ˜€



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: