h1

I Love My Old Car …

April 28, 2011

(Narsis Dikit Ahh … Biar Kebiasaan Menuli Nggak Hilang … :D)

Sedari dulu saya menyukai mobil … terutama yang bermerek Mitsubishi … Dan yang menjadi favorit saya salah satunya adalah seri Eterna Super Exceed … yang justru termasuk salah satu model yang sangat nggak favorit di Indonesia … Hal ini dapat dilihat dari angka penjualannya yang rendah … Penjualan seri Eterna ini di Indonesia tidaklah mencapai angka 400 unit … dan hanya diproduksi selama dua tahun saja (1987 s/d 1988) … Tapi mau gimana lagi … ? … Udah terlanjur suka sih …

Saya sendiri mendapatkan mobil ini pada tahun 2000 setelah menjual Daihatsu Espass yang saya miliki … Waktu itu … Daihatsu Espass saya jual dengan harga Rp. 45.500.000,- … dan kemudian saya membeli Mitsubishi Eterna ini seharga Rp. 36.500.000,- … Menurut teman yang mendampingi saya … itu kemahalan karena pasarannya waktu itu sekitar Rp. 35.000.000,-an … Tapi saya nggak peduli … Soalnya saya sudah melakukan pencaharian selam 7 bulan … namun baru kali itu saya mendapat yang sreg di hati …

Mitsubishi Eterna ini sebenarnya hanya nama lain dari Mitsubishi Galant … di mana sebenarnya model ini telah masuk ke Indonesia pada tahun 1984 dengan nama Mitsubishi Galant II … Perbedaan hanya terletak pada kapasitas mesin dan perlengkapan standarnya … Mitsubishi Eterna berkapasitas mesin lebih besar (2000cc) dibanding Mitsubishi Galant II yang hanya 1800cc) … dan perlengkapan standar Mitsubishi Eterna juga lebih lengkap dan lebih mewah … Jadi sebenarnya Mitsubishi Eterna dengan Mitsubishi Galant ini pada dasarnya sama … di mana Mitsubishi Eterna jadi dianggap varian yang lebih tinggi saja … Nah begini nih tampang Mitsubishi Eterna Super Exceed yang masuk ke Indonesia dari depan, samping dan belakang …

Meskipun mobil ini terkesan kayak mobil om-om … namun untuk hal kenyamanan dan stabilitas waktu dikendarai menurut saya sangat OK … Selain memiliki dimensi interior yang luas … pengendalian Mitsubishi Eterna ini juga mantap dan nyaman didukung dengan jok tempat duduk yang nyaman … Dan meskipun perangkat peredam suara mobil saya bisa dibilang sudah hancur semua … namun suara ke dalam kabin masih termasuk lembut dan nggak bising … Hmm … gimana kalo peredam suaranya masih bagus yah …

Dalam usia yang sudah memasuki 24 tahun … mobil saya ini sudah berjalan 410.000km lebih … Jika jarak antara bumi dan matahari sekitar 360.000 km … maka mobil ini telah mencapai bulan dan dalam perjalanan balik lagi ke bumi …πŸ˜€ … Hebatnya lagi … bisa dibilang nggak pernah ada masalah serius dalam bidang permesinan … Selama 11 tahun memiliki mobil ini … seingat saya belum pernah sekalipun rusak parah yang memaksa mobil sampai harus menginap di bengkel … Kalopun ada menginap di bengkel … itu lebih karena urusan body, ketok dan cat … hehehe … Dan menurut penjualnya dulu ketika saya beli … perbaikan cukup berat yang dialami baru sekali skir klep yang tentunya wajar mengingat usianya yang nggak muda …

Memasuki usia ke-24 tahun ini … seharusnya mobil ini di skir ulang lagi plus ganti ring seher karena sudah ngebul kalo diajak berakselerasi yang menandakan adanya oli yang merembes ke ruang bakar … Namun karena dananya terbatas … itu tidak saya lakukan dulu … Untungnya hal itu tidak terlalu berpengaruh pada besaran tenaga yang dihasilkan … Cuma kita harus sering memantau/menambah oli dan yaahh … sabar sama ngebulnya itu lho …

Salah satu hal yang menyenangkan adalah … kalo lagi berada di bengkel … nggak jarang orang sengaja datang dan memperhatikan mobil ini … sambil nanya-nanya dan akhirnya jadi ngobrol-ngobrol … Selain itu … meskipun harga mobil ini nggak seberapa … tapi kita masih bisa ngeles itu sebagai mobil hobi … Bayangin aja … semahal-mahalnya Mercy … tapi untuk urusan spare part body kan masih banyak tersedia di bengkel-bengkel resmi ato toko spare-part di ITC … Sedangkan untuk mobil ini … kalo lampunya sampai pacah ato list-nya ada yang hilang … urusannya bisa repot … Punya uang aja nggak cukup … diperlukan perjuangan dan usaha yang lumayan berat buat nyari-nyari-nya …

Mungkin itulah salah satu alasan saya sangat menyayangi mobil ini … tentu selain karena mobil ini juga masih menjalankan fungsi harian untuk berbagai keperluan rumah-tangga saya … Karena itu … doakan yah … semoga saya diberikan rejeki yang cukup untuk memperbaiki kerusakan yang sudah saya sebut di atas … plus untuk mempercantik penampilannya …πŸ˜€

19 comments

  1. Amin


  2. Amieeen… tpi bleh shre sdkit. ane jg pnggna eterna kya pnya bos, tpi ane agk ksltn nyari sprepart’a bos. mhon pncrhnya bos. trims


  3. Kalo spre part mesin … di itc fatmawati mas ato atrium senen juga banyak … Mobil ini kan pake mesin 4G63 … Mesin ini masih dipake pada eterna berikutnya tapi yang versi super salon (bukan yang gti …) dan juga pada galant lele yang vr-nya (bukan yang 6 cylinder) … Jadi nggak susah nyarinya …πŸ˜€

    Tapi kalo spare part body … ini yang agak susah … Kalo pun ada harganya mahal karena masih built up … Tapi coba cari-cari di junk yard kayak di cilandak ato di parung … Suka ada mobil jenis ini yang udah jadi rongsokan … Oh iya … kalo ada rongsokan galant II juga sebagian besar bisa dipake tuh … Kan body-nya cuma beda dikit … Semoga membantu yah …


  4. Assalamu’alaikum….
    Mobilnya bagus sekali.
    Saya juga penyuka Mitsubishi yang sudah tua…. namun saya belum punya.
    InsyaAllah diwaktu yad dapat memilikinya.

    Wassalamu’alaikum….


  5. Wa;alaikumsalam ….
    Thanks yah … tapi kondisinya sekarang udah nggak sebagus itu … Kalo ada uang nanti mau dirapihin lagi … Semoga anda juga cepat dapat memilikinya …πŸ˜€

    Wa;alaikumsalam ….


  6. Thx bgt mas dewa tas info’y….. Insyallah klo udh da rzki sya mo nyri k tmpt yg mas rfrnsiin. Smga di mdhin rizki’y agr bs cpt m’prbaiki kkrngan mbil’y. Amieeen…..


  7. Amiin … Terima kasih juga atas doa dan kunjngannya ya …πŸ˜€


  8. ikut share nich.., ane punya mitsubishi eterna super exceed 1988 mau di jual.. biasa butuh duit.. hehe.., mitsubishi eterna super exceed spare part sama dengan mitsubishi L300.. gampang ko carinya.. banyak banget, klo kita cari buat mitsubishi eterna super exceed.. ampun dech mahalnya.. pake kanibal aja

    Ups berminat call/sms .. thanks


  9. Ada yang berminat … ??? … Ehh … tapi spare part bagian mana yang sama dengan L-300 .. ??? … Eterna kan 2000cc bensin … dan setau saya L300 sekarang semuanya diesel … Mohon pencerahan …


  10. eterna emang yahud bos… ane juga pake ety ’89….. nyaman n untuk urusan lari, ga malu” dah kalo di tol…. lumayan buat mepet” boil baru…πŸ˜€πŸ˜€


  11. Iya … setuju …πŸ˜€


  12. Saya masih simpan eterna super exceed th 88. Tgn ke2 warna biru malam, body kaleng, list2 body masih lengkap, emblem2 masih utuh, interior masih ori beludru merah. Velg racingnya aja masih ori ada 5 buah. Cuma cat bodynya udah mulai kusam. Suspensi masih empuk sekali tanpa bunyi mirip mobil eropa. Selama sy pakai baru ganti cdi aja sama servis ac, mesin gak rewel.Puas deh pakai mobil ini


  13. Iya … mobil ini memang nyaman sekali dipakainya … Saya juga merasa sayang banget ketika terpaksa harus melepaskannya … Hicks … hicks …


  14. Sesama hobbies motuba nih om (mobil tua bangka)….
    Tapi bicara kelas,,om memang lebih ciamik,,,,,saya hanya pegang timor 1998 om,,tapi alhamdulilah perawatannya gak pernah diabaikan,,,,ada masalah dikit cepet cek/periksa/ganti..
    makanya sampe sekarang gak pernah sekalipun ada masalah..
    Pengorbanan punya MOTUBA buat ane yang terberat adalah :
    Dipanas-panasin keluarga-tetangga-teman kantor dll supaya itu mobil di DP-in aja sama mobil keluarga semacam avanza-xenia-r3.
    Sabaar..sabaar….
    Yes i only have an old car,,,but my old car more better than Xenia, Agya or Alya.


  15. semoga mobilnya awet dn g bikin repot yh om?amin ,sya jga pngguna mobil mitsu eterna 91 super saloon,mesinnya sma prsis dg eterna pnya om, sebagian mmg bnar di sektor mesin sama ama l300 bensin,


  16. Terima kasih atas doanya ya … Sayangnya mobil itu sudah saya jual karena kebutuhan … Tentu saya harus lebih mementingkan kebutuhan keluarga dibandingkan ego saya untuk tetap memiliki mobil tersebut … iya kan … ? …πŸ˜€


  17. Busyet macho amat itu eterna super exceed tapi sayang populasi sangat minim gan.. Kalo urusan mesin dan kaki-kaki apa masih ada part nya di KTB indo ?? Mohon infonya.

    Saya hunting galant II yg sudah power steering biar jadul tapi mantab itu tongkrongan kayak mafia jaman dulu ekwkekwk. Tapi belom dapat juga yg cocok harganya.


  18. Kalo mesin sih nggak terlalu sulit … Type mesinnya kan 4G63 … sama dengan yang dipakai eterna super saloon generasi berikutnya (bukan yang dohc ya) dan galant lele seri vr yang diluncurkan setelahnya … Dulu saya nyari spare partnya sih di daerah itc fatmawati … Selamat hunting yah …πŸ˜€


  19. Iya gan terima kasih infonya huehuehue.. ternyata versi eterna sudah power steering yah gan.. kalo galant II belum punya fitur PS yah CMIIW.

    Cari Eterna 1988 ah yg penting power steering wkwkwwk dan harga cukup terjangkauπŸ™‚



Leave a Reply

