h1

Perusahaan Asuransi Jiwa yang Mengalami Kerugian pada tahun 2015

March 19, 2017

Berdasarkan neraca publikasi yang dikeluarkan masing-masing perusahaan asuransi jiwa per Desember 2015, maka diketahui sebanyak 17 (dari 47) perusahaan asuransi jiwa mengalami kerugian. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 12 (dari 49) perusahaan. Sebagai catatan, saya tidak memperoleh data laporan keuangan (per Desember 2015) 2 perusahaan, yaitu PT. Asuransi Jiwa Recapital dan PT. Asuransi Jiwa Kresna.

Jika ditotal, maka kerugian ketujuhbelas perusahaan asuransi jiwa tersebut menembus angka Rp.3 triliun. Dan perusahaan asuransi jiwa yang mengalami kerugian terbesar di tahun 2015 adalah PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG. Kerugian perusahaan joint venture ini mendekati angka Rp.2 triliun, yang merupakan jumlah kerugian terbesar sepanjang sejarah asuransi Indonesia. Perusahaan ini juga pernah mengalami kerugian sebesar Rp. 365,8 miliar lebih, yang terjadi pada tahun 2013. Sedangkan pada 2014, perusahaan ini membukukan laba sekitar Rp 218,5 miliar.

Perusahaan asuransi jiwa lain yang mengalami kerugian cukup besar (di atas Rp. 100 miliar) adalah PT. Zurich Topas Life, PT. FWD Life Indonesia, PT. Astra Aviva Life dan PT. Tokio Marine Life Insurance Indonesia Lebih jelas mengenai perusahaan-perusahaan asuransi jiwa yang mengalami kerugian di tahun 2015 dapat dilihat pada tabel berikut,

Jika gambar kurang jelas, klik di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: