h1

Unit Link dan Perannya Terhadap Premi Asuransi Jiwa Indonesia

April 6, 2017

Pada dasarnya, produk unit link merupakan satu turunan produk asuransi yang menjanjikan hasil investasi (di luar pertanggungan) kepada nasabahnya sehingga nasabah dapat memanfaatkan produk ini sebagai salah satu instrumen investasi mereka. Hal ini yang membedakannya dengan produk asuransi konvensional yang hanya memberikan uang pertanggungan kepada nasabahnya. Melalui produk unit link, perusahaan asuransi akan menawarkan beberapa alternatif instrumen investasi yang akan digunakan untuk menginvestasikan dana nasabah seperti saham, obligasi, surat utang negara, instrumen pasar uang dan reksadana.

Sejak pertama diluncurkan, perkembangan unit link asuransi jiwa masih terus mengalami pertumbuhan. Dalam periode tahun 2011 hingga tahun 2015 misalnya, rata-rata pertumbuhan pendapatan premi unit link asuransi jiwa adalah sekitar 6,9% per tahun. Sedangkan pendapatan premi unit link di tahun 2015 sudah mendekati angka Rp 57 triliun, atau mengalami pertumbuhan sekitar 8,5% dibandingkan dengan pendapatan premi unit link di tahun sebelumnya.

Dan bila dibandingkan dengan total pendapatan premi industri asuransi jiwa di tahun yang sama yang mencapai angka Rp. 128,33 triliun, maka kontribusi premi unit link secara keseluruhan adalah sekitar 44,3%. Angka tersebut cukup menunjukkan peran penting produk unit link dalam industri asuransi jiwa Indonesia. Kontribusi premi unit link terhadap total pendapatan premi beberapa perusahaan asuransi jiwa bahkan sangat besar. Kontribusi premi unit link PT Prudential Life Assurance misalnya, sudah melampaui angka 92% dengan total pendapatan premi unit link yang hampir mencapai Rp 24,8 triliun di tahun 2015.

Perusahaan asuransi jiwa lain yang sangat mengandalkan produk unit link-nya antara lain adalah PT. Great Eastern Life Indonesia dan PT. Commonwealth Life. Kontribusi premi unit link dari kedua perusahaan asuransi tersebut terhadap total pendapatan preminya di tahun 2015 masing-masing sebesar 81,6% dan 80,4% Lebih lengkap mengenai perbandingan pendapatan premi unit link dengan total pendapatan premi yang diperoleh masing-masing perusahaan asuransi jiwa dalam periode tahun 2011 hingga tahun 2015 dapat dilihat tabel berikut,

Advertisements

One comment

  1. thank a lot for your site it helps a whole lot. http://bestmuseum.ir/index.php/component/k2/itemlist/user/464672



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: